HUNTING FOTO GERHANA BULAN DENGAN SMARTPHONE, APA SAJA YANG PERLU DIPERSIAPKAN?

Gerhana bulan yang terjadi hari Sabtu, 4 April 2015 waktu kemarin adalah fenomena alam yang banyak ditunggu oleh banyak orang. Karena peristiwanya secara perhitungan astronomi sudah dapat diprediksi bahwa bakal terjadi gerhana bulan. Dalam berbagai liputan media pun telah banyak diberitakan. Apalagi bagi umat muslim di seluruh dunia, peristiwa itu bukan hanya sebagai fenomena alam yang biasa melainkan ada banyak himah dibalik peristiwa itu. Banyak yang ditunggu karena di dalam peristiwa itu ada perintah sunnah yang hanya bisa dilakukan ketika terjadi gerhana bulan saja, yakni sholat sunnah gerhana bulan. Bukan itu yang menjadi pembahasa kali ini melainkan persiapan untuk hunting foto dan video gerhana bulan dengan smartphone. Ada beberapa hal yang perlu dan penting untuk dipersiapkan:

1. Persiapkan device smartphone yang cukup resolusi
Dalam hal ini penulis tidak membatasi kamera ponsel yang digunakan. Menurut pendeknya pengetahuan saya, yang paling mumpubi untuk mengambil foto dimalam hari adalah kamera dari ponsel iphone 5s. Tapi tenang memakai iphone 5s bukan syarat wajib untuk mengabadikan momen yang langka terjadi itu. Saya menyarankan menggunakan kamera ponsel dengan minimal 5 megapixel ke atas. Apapun merknya. Pada kesempatan ini kami menggunakan kamera yang melekat pada smartphone merk Acer Liquid E2 dengan resolusi 8 megapixel.

2. Gunakan lensa tele untuk smartphone yang paling besar zoomnya
Lensa tele yang digunakan yang kompatibel dan paling besar zoomnya. Di pasaran yang banyak beredar tele 20x zoom untuk iPhone 5. Tapi pada kesempatan ini tele 20x zoom yang awalnya untuk iphone 5 kami modifikasi agar bisa digunakan untuk Acer E2. Modifikasi tidak keseluruhan melainkan hanya holder / casing nya saja. satu sisi cekungnya kita potong kemudian kita tempelkan dengan lem Aibon/lem Castol. Tentunya casing belakang Acer E2 dilapisi dulu dengan stiker baru dilemkan antara casing dengan belakang smartphone kita.

3. Gunakan tripod untuk menjaga kestabilan
Tripod sangat diperlukan, apalagi foto menggunakan lensa tele. Dimana penyimpangan atau gerakan sedikit saja akan sangat terasa penyimpangan dengan objek yang menjadi target pengamatan kita.

Gambar Lensa Tele 20x Zoom dengan adapter holder universal

 Gambar Tripod seri WT3110A untuk kesetabilan saat memotret


 Gambar keseluruhan setelah terpasang (Tele 20x Zoom + Tripod)


Post a Comment