Cara buat Teleskop Bintang dari Bekas Lensa Fotokopi

Sahabat semua yang kami hormati, tentunya bagi penggemar astronomi tidak bisa dipisahkan dari alat yang satu ini, yaitu Teleskop. Ya Teleskop adalah alat yang digunakan para astronom dunia baik yang masig amatir amupun yang sudah profesional untuk eksplorasi benda-benda angkasa. Ketka penghobi pengamatan astrnomi ditanya, apakah pengin punya teleskop makan akan dijawab 'YA', apakah tahu cara membeli atau mendapatkannya? sebagian besar akan menjawab 'BELUM TAHU', kemudian ketika ditanya apakah bisa buat sendiri, sebagian besar juga akan menjawab, 'BELUM BISA'. Nah, akan kami beberkan cara membuat teleskop sederhana yang mampu digunakan untuk pengamatan benda-benda langit seperti bintang, bulan maupun matahari. Tentunya dari cara sederhana tidak bisa dibandingkan dengan peralatan yang terbuat dari mesin-mesin canggih. Hasilnya pun tdak bisa kita bandingkan dengan telekop-teleskop yang canggih yang beredar dipasaran. Bila ingin kosultasi tentang teleskop bisa hubungi kami di web resmi penjualan oline kami di www.androlenz.com.
Cara atau Tutorial buat Teleskop sederhana dari bekas Lensa Mesin Fotokopi
Tuisan ini bersumber dari Agan Agus Siswanto yang dipublish di blog resmi Surabaya Astronomi Club. Teleskop, itulah kata yang tdk bisa dipisahkan dgn astronomi. Teleskop ibarat mata ke-2 buat para astronom. Tidak lengkap rasanya kita menikmati benda langit tanpa kehadiran teleskop. Yang jadi masalah tidak semua astronom amatir mempunyai teleskop. Yang menjadi kendala utama adalah harga teleskop yan[g lumayan mahal. Selain itu terbatasnya penjual teleskop juga menjadi kendala. Maka dari itu pada tulisan kali ini saya akan mengulas cara membuat teleskop sederhana dengan bahan yang murah dan mudah didapat. 
Langkah pertama, Siapkan Bahan-bahannya :
  1. Lensa fotocopy
  2. Lensa mainan laser/lensa bekas kamera jadul
  3. Paralon 2 1/2 dim
  4. Paralon 1 dim
  5. Sok 2 1/2 dim –> 2 dim
  6. Tutup paralon 2 dim
  7. Sambungan/sok 1 dim
  8. Gear mainan bayblade
Langkah kedua, lakukan 8 Langkah Mudah buat Teleskop dari bekas Lensa Fotokopi
1. Lensa fotocopy digunakan sebagai lensa obyektif teleskop.
Lensa ini bisa kita beli di pasar loak. 1 set lensa fotocopy terdiri dari 4 lensa yaitu 2 lensa cembung dan 2 lensa cekung (gambar 1). Yg kita gunakan nanti cuma 2 lensa saja yaitu 1 lensa cekung n cembung. Jd rumah lensa kita potong untuk memisahkan 4 lensa jadi 2 bagian. Setelah dipisah kita akan mendapatkan lensa obyektif dgn panjang fokus +- 50cm.
Set lensa fotokopi. Sumber foto : Agus Siswanto
2. Lensa laser kita gunakan sebagai okuler/eyepice dari teleskop
Dengan diameter +- 6mm dan fokus +- 8mm (gambar 2). Lepas lensa laser dari rumah laser dengan cara digergaji. Jika memakai lensa bekas kamera jadul maka fokus yang kita dapat sekitar 25mm. Untuk rumus pembesaran teleskop, adalah:
pembesaran= fob : fok dimana: fob = fokus lensa obyektif fok = fokus lensa okuler
Lensa eyepiece. Sumber foto : Agus Siswanto

3. Membuat badan teleskop dari paralon 2 1/2 dim
Untuk menentukan panjang tabung teleskop kita ukur dulu panjang fokus lensa obyektif. Biasanya lensa fotocopy mempunyai panjang fokus +- 50cm. Umpama panjang fokus lensa obyektif 50cm, maka buat panjang body teleskop 40-45cm, karena kita butuh ruang untuk fokuser. Untuk mengurangi cahaya liar dari tabung teleskop, cat bagian dalam tabung teleskop dgn warna hitam dob. Juga pasang diafragma pada tengah2 tabung. Diafragma bisa dibuat dari apa saja yang penting mempunyai diameter lubang 1/2 dari diameter tabung. Kita bisa mempergunakan diafragma dari lensa fotocopy (gambar 3).
Foto ring adapter untuk menyambung pralon. Sumber foto : Agus Siswanto

4. Pasang lensa fotocopy yg sdh dipotong dibagian depan tabung teleskop
Posisi pemasangan adalah lensa cembung di bagian depan. Ini bertujuan agar kita mendapat fokus yg maksimal. Waktu memasang lensa fotocopy pada tabung balut body lensa dgn sedikit isolatif agar lensa terpasang pas pada tabung. Perhatikan juga kelurusan lensa degan tabung karena ini akan berpengaruh pada hasil gambar.

5. Pembuatan fokuser
Fokuser bisa kita buat degan model geser atau model pake gear. Yang akan kita bahas kali ini yang model gear. Siapkan paralon 1 dim sepanjang +-10cm. Kemudian tempel gear penarik mainan beblade pada paralon tersebut. Selanjutnya lubangi tutup paralon 2 dim sebesar sok 1 dim pas di tengah. Sebelum sok 1 dim dipasang pada tutup 2 dim, belah terlebih dahulu selebar gear penarik beblade yang sudah terpasang pada body fokuser tadi. Ini berguna untuk tempat gear keluar masuk. Baru setelah itu pasang sok 1 dim tadi pada tutup 2 dim dan lem. INGAT!!! Jgn lupa untuk mengatur kelurusannya. Baru setelah itu body fokuser bisa dipasang pada sok 1 dim yang sudah menempel pada tutup 2 dim. Langkah selanjutnya adalah memasang gear pemutar yang terbuat dari gaer beblade juga. Setelah gear pemutar terpasang, lalu gabungkan tutup 2 dim dengan sok 2 dim —> 2 1/2 dim. Nah fokuser sudah jadi deh (gambar 4).
Penampakan adapter antara eyepiece dengan tabung lensa obyektif Sumber foto : Agus Siswanto

6. Pasang fokuser pada body teleskop & atur agar benar2 center dgn lensa obyektif
Terus untuk bagian depan tele bisa ditambahkan scope yg berfungsi sebagai pengumpul cahaya. Scope bisa dibuat dari sok paralon 2 1/2 dim —-> 3 dim. Jangan lupa cat bagian dalam scope dengan cat hitam dob. Setelah semua terpasang tinggal pasang okuler pada ujung fokuser dan jadi dech tele lensa fotocopy.
7. Pasang cermin pembalik
Untuk lebih memudahkan pengamatan bisa juga dibuat cermin diagonal yang berfungsi juga sebagai cermin pembalik (gambar 5).
Adater cermin pembalik untuk memudahkan pengamatan. Sumber foto : Agus Siswanto

8. Buat Tripod sebagai penyangga Teleskop 
Sedang untuk penyangga teleskop/tripod cara membuatnya bisa dicari di si mbah google atau mbak yutub. Ini gambar dari tele yg sdh jadi (gambar 6). Ok, sekian sedikit urun rembug dari saya Cak & Ning. Semoga bermanfaat. Jangan pernah menyerah dengan keterbatasan. Jadikan keterbatasan sebagai cambuk agar bisa lebih maju.
Penampakan akhir teleskop. Sumber foto : Agus Siswanto
Demikian Cara atau Tutorial buat Teleskop dengan Bekas Lensa Fotokopi, semoga bisa bermanfat dan memberikan informasi bagi sahabat sekalian. Terima kasih.

Post a Comment