Gerhana Matahari 2016!

Sejarah gerhana matahari
Tentang prediksi adanya gerhana matahari telah ada sejak zaman sebelum masehi, tercatat pertama kali yang memprediksi adanya gerhana matahari adalah orang Babilonia. Astronom asal Austria melanjutkan dengan membuat kalender prediksi terjadiya gerhana matahari sejak tahun 1207 SM sampai dengan 2162. Kita juga bisa melihat temuan-temuan tentang gerhana matahari dapat kita temukan di website NASA dan timeanddate. Itulah keterangan singkat tentang sejarah terjadinya gerhana matahari yang tercatat oleh manusia di muka bumi ini.
Dalam kacamata Islam, pada zaman jahiliyah terjadinya gerhana matahari karena sebab kematian seseorang maka terjadilah gerhana matahari. Dan ini merupakan tidak benar, yang terbantahkan dengan penelitian ahli astronomi. Bahwa gerhana matahari terjadi karena kedudukan antara Matahari bula dan bumi yang sejajar sehingga terhalangnya sinar matahari yang seharusnya jatuh ke bumi oleh bulan.
Sejak tahun 1901 hingga 1995 telah tercatat sebanyak sembilan kali terjadi gerhana matahari di wilayah Indonesia.

Waktu dan lokasi prediksi terjadi gerhana matahari
Pada tanggal 5 Januari 2016 yang lalu LAPAN telah meliris bahwa diprediksi akan terjadi gerhana matahari total dan sebagian di beberapa wilayah kepulauan Indonesia pada hari Ahad tanggal 9 Maret 2016.
Adapun tempat yang akan merasakan fenomena alam yang luar biasa ini, baik gerhana matahri toal maupun sebagian diantaranya, untuk gerhana matahari total baal terjadi 10 rovinsi di Indonesia diantaranya : Palembang (Sumsel), bangka Belitung (Babel), Sampit (Kal-Teng), Palangk Raya (Kalteng), Balikpapan (Kaltim), Palu, Poso, Luwuk (Sulteng), Ternate hingga Halmahera Malut).  Di 10 provinsi tersebut akan terjadi selama 4 menit 9 detik. Luwuk (Sulteng) akan menjadi lokasi yang dilintasi gerhana matahari paling lama selama 2 menit 50 detik, mulai pada pukul 05.41 WITA, " kata Thomas Djamaluddin Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), seperti dikutip dari situs LAPAN, selasa (05/01).
Sedangkan untuk gerhana matahari sebagian akan dirasakan di beberapa kota di Indonesia diantaranya : Kota Padang, Jakarta, Badung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Kupang, Manado dan Ambon

Foto gerhana Matahari total. Sumber : internet

Cara Menyaksikan Gerhana Matahari
Ada beberapa cara untuk menyaksikan fenomena langka ini dengan penglihatan mata dan ditambah alat yang dari alat paling sederhana hingga yang paling canggih. Cara-cara atau tutorial untu melihat gerhana matahari ini bisa ditemukan di berbagai sumber ulasan blog, website maupun video di youtube. D sini kami akan mencoba memberikan tutorial yang diperoleh dari berbagai sumber untuk melihat fenomena luar biasa ini.

a. Dengan Teleskop matahari
Teleskop atau teropong bintang merupakan alat paling idela untuk melakukan pengamatan matahari. Karena pengamat akan dapat informasi yang detail dari bagi per bagian setiap perubahan terjadinya gerhana matahari. Namun perlu diingat, tidak semua orang mampu menggunakannya karena harganya yang bisa terbilang mahal. Untuk melakukan pengamatan gerhana matahari dengan menggunakan teleskop ini tentunya tidak sertamerta seperti penggunaan saat melakukan pengamatan bintang atau bulan pada malah hari. Diperlukannya sebuah perangkat filter cahaya matahari maupun pem-filter yang mampu mereduksi inframerah dari snar matahari yang dapat berakibat fatal pada retna mata kita. Yakni dapat menyebabkan terbakarnya retina mata kita apa bila secara langsung menyaksikan sinar matahari.
Jadi sebagai peringatan, HATI-HATI MELAKUKAN PENGAMATAN DENGAN TELESKOP! Pelajari terlebih dahulu ilmunya baru melakukan eskplorasi.

Foto gerhana Matahari. Sumber : internet

b. Dengan Kotak lubang jarum
Seperti halnya metode pantulan, cara sederhana dan aman yang bisa digunakan oleh orang untuk melihat gerhana matahari adalah dengan memproyeksikannya pada sebuah lubang jarum. Proyeksikan pancaran gerhana matahari pada lubang jarum, melalui sebuah kertas atau alat lainnya sehingga sebuah pantulan gerhana matahari bisa terlihat dengan aman.
Bahan yang digunakan :
a. Kardus kosong bekas kotak sendal atau sepatu
b. Cutter/gunting
c. jarum jahit
d. Doubel tip / lem
e. Kertas foil / alumunium / grenjeng 

Cara buatnya :
a. Ambil sebuah kardus kosong, seperti kardus kotak sandal atau sepatu
b. Buat lubang lingkaran dengan diameter kurang lebih 2 cm di salah satu sisi
c. Kemudian tutup lubang tersebut dengan kertas alumunium atau kertas foil kemudian lubangi dengan sebuah jarum, area ini digunakan untuk dihadapkan ke arah gerhana matahari
d. Pada sisi yang berlawanan tambahlah kertas putih sebagai tempat terkenanya proyeksi matahari
e. Sedangkan pada sisi proyeksi tersebut dibuat lubang sebagai tempat mengamati proyeksi sinar terjadinya gerhana matahari

Video tutorialnya bisa dilihat di sini!

e. Dengan Kacamata hitam
Menggunakan kacamata hitam yang digunakan untuk melihat matahari. Atau kita bisa membuat kacamata sederhana dengan mengguakan klis film foto yang dibuat rangkap. Kemudian klis film foto tadi kita letakan di depan kacamata hitam kita. Baru digunakan untuk melakukan pengamatan gerhana matahari.

d. Dengan Air bejana
Cara yang paling murah dan mudah dengan cara meletakan air ke dalam bejana. Diletakan air di dalam bejana, bisa dengan ember, panci besar ataupun baskom. Letakan air bejana tadi menghadap ke arah gerhana matahari. Kita melakukan pengamatan dengan melihat pantulan atau proyeksi dari air di dalam bejana tadi

Nantikan artikel selajutnya yang akan mengulas tentang gerhana matahari dalam pandangan Islam. Apa saja Sunah-sunah saat gerhana matahari, Matahari di dalam al Quran

Demikian artikel tentang Gerhana Matahari 2016 semoga bermanfaat.

Post a Comment