4 Cara Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari

Sebentar lagi akan ada peristiwa yang sudah ditunggu-tunggu yakni gerhana matahari. Apa sih untungnya mengamati fenomena gerhana matahari? Kebanyakan orang mungkin akan bilang, Ah, cuma buang-buang waktu saja, mending bekerja mendapatkan uang. Namun tidak bagi sebagian orang, gerhana matahari yang diprediksi akan terjadi 9 Maret 2016 nanti, akan berulang sekian puluh tahun lagi. Disamping itu dalam Islam, peristiwa gerhana matahari merupakan sebuah tanda kebesaran dari Alloh SWT. yang patut disyukuri dan direnungkan, karena Alloh yang Berkuasa menjadikan gerhan Matahari dan ALloh lah juga yang Berkuasa mengembalikan seperti semula. Oleh karena itu umat muslim disunnahkan untuk melaksanakan sholat sunnah gerhana matahari.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengamati peristiwa gerhana matahari ini.
  1. Melihat Gerhana secara Langsung
welder-glass-210px
Yang dimaksud bukan secara langsung dengan mata telanjang, mata langsung menatap matahari, melainkan dengan bahan yang mampu mereduksi sinar matahari yang masuk ke mata, misal dengan kertas ‘grenjeng’ rokok, dengan kaca hitam ditumpuk berlapis-lapis, dengan klis film bekas atau dengan compact disk (CD) bekas. Meskipun barang-barang tadi tidak mampu menyerap radiasi yang dipancarkan matahari, sehingga radiasi matahari menembus bahan-bahan tadi hingga dapat merusak mata. Jadi melihat gerhana matahari secara langsung perlu kehati-hatian yang tinggi, karena resiko yang akan terjadi apabila kita salah dalam memilih bahan yang akan digunakan.
Bahan apa yang paling baik untuk digunakan? Bahan yang direkomendasikan oleh skyandtelescope.com bahan kaca khusus yang dproduksi untuk mengurangi radiasi matahari #14 arcwelder’s glass.
2. Proyeksi Sinar Matahari dengan Lubang Jarum
pinhole_projection_m

Membuat proyeksi sinar matahari dengan lubang jarum. Dengan melubangi satu sisi sebesar jarum kemudian bagian dalam sisi yang berlawanan diletakan kertas putih untuk menangkap proyeksi. Bisa dilihat seperti gambar.
3. Proyeksi Sinar Matahari dengan Teleskop atau Binokular
telescope_projection_m
Cara ini hampir sama dengan Cara Proyeksi sinar matahari dengan lubang jarum, hanya bedanya kotak kardus diganti dengan teleskop (teropong bintang) atau teropong gunung (binokular).
Cara merangkai alatnya seperti gambar, arahkan lensa obyektif teleskop ke matahari, kemudian pada bagian belakang teleskop diletakkan kertas putih yang bergungsi sebagai layar (scree) proyeksi sinar matahari. Ada sedikit perubahan pada teleskop dengan melepas lensa eyepiece teleskop. Begitu juga dengan teropong binokular.
4. Melihat Gerhana langsung dengan Teleskop berfilter
1070_SolarObs_full-900x675
Melakukan pengamatan gerhana dengan menggunakan teleskop yang sudah dibetambah filter pada ujungnya.
Diantara peralatan yang bisa digunakan untuk pengamatan diantaranya seperti gambar di bawah ini.
Solar-filters-King-Sun1024x777
Demikianlah artikel sederhana 4 Cara Aman untuk melihat gerhana Matahari, semoga bermanfaat.

Post a Comment